DAVINS.ID - Pusat terlengkap, berbagai kebutuhan interior dekorasi, belanja di davins aja ! 6 Tips Sukses Bisnis Homestay Agar Makin Cuan

POPULER DI DAVINS.ID

3/recent/post-list

DAVINS ACCECORIES CERTAIN FACTORY

Translate

6 Tips Sukses Bisnis Homestay Agar Makin Cuan

 


Bisnis homestay merupakan bisnis penginapan yang bisa Anda coba sewakan kepada pengunjung atau wisata yang datang ke wilayah Anda. Berbeda dengan penginapan lain, seperti hotel atau guesthouse, homestay biasanya masih berada dalam satu lingkup rumah pemiliknya.

Biasanya, homestay seperti ini banyak dicari oleh pelancong yang sedang traveling karena harga sewanya lebih murah.

Agar bisnis homestay Anda makin cuan dan memperoleh banyak keuntungan. Yuk, simak tips sukses berbisnis homestay di bawah ini.

Tips Sukses Memiliki Bisnis Homestay


Pilih Lokasi yang Potensial
Sebelum berbisnis homestay, tentukan dahulu lokasi mana yang sekiranya potensial dikunjungi banyak orang. Biasanya, homestay akan sering dikunjungi jika lokasinya dekat dengan tempat-tempat wisata. Sebab, akan ada banyak wisatawan yang mencari tempat penginapan. Jadi, pastikan lokasi properti Anda dekat dengan tempat wisata sehingga berpotensi baik untuk dijadikan homestay, ya. Selain dekat dengan tempat wisata, homestay juga harus berada di lokasi yang strategis sehingga lebih mudah untuk diakses.

Buat Konsep dan Desain Menarik
Tips lain yang perlu Anda terapkan sebelum berbisnis homestay, yakni membuat konsep dan desain penginapan yang menarik. Meski konsep penginapannya rumahan, tetapi jangan sampai kalah dengan hotel atau tempat lain agar bisnis Anda ramai dikunjungi. Anda bisa membuat konsep apapun saat membangun homestay. Misalnya dengan menyesuaikan tema homestay dengan tempat wisata yang ada disekitarnya atau mencari referensi desain lain yang unik.

Selain bisa menarik lebih banyak tamu untuk menginap, konsep dan desain unik juga dapat menjadi ciri khas tersendiri dari homestay milik Anda. Jadi, akan lebih mudah dikenali dari tempat penginapan milik kompetitor.


Sediakan Fasilitas Lengkap
Bisnis homestay tidak sekadar menyediakan tempat untuk menginap saja, tetapi Anda juga perlu menambahkan fasilitas pendukung lainnya. Misalnya toilet, tempat ibadah, area makan beserta alatnya, dan hal-hal penting lainnya yang sekiranya dibutuhkan oleh para tamu yang menginap.Dengan fasilitas yang mencukupi, pengunjung pun bisa lebih betah saat menginap di homestay milik Anda.

Membuat Laman di Media Sosial
Hadirnya media sosial seharusnya bisa menjadi salah satu media terpraktis untuk mempromosikan bisnis Anda. Gunakanlah sosial media dan gunakan pendekatan aktif dalam memasarkan dan mempromosikan homestay Anda.

Sediakan Layanan Pesan Online
Banyak calon tamu homestay melakukan pemesanan online secara manual. Namun, memproses pemesanan selama musim puncak dan hari libur nasional dapat menimbulkan stres melalui metode ini. Cara lainnya adalah, mendaftarkan homestay Anda pada marketplace yang menyediakan layanan perjalanan online.

Perhatikan Kebersihan dan Kenyamanan
Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aspek kebersihan dan kenyamanan bagi para tamu yang datang menginap, ya. Misalnya dengan memastikan area homestay bebas dari sampah apa pun. Rutin membersihkan area tidur jika ada tamu sebelumnya yang menginap sehingga calon tamu berikutnya bisa beristirahat dengan nyaman. Perhatikan juga area kamar mandi dan fasilitas lain. Rawatlah dengan baik sehingga pengunjung yang datang merasa puas dengan layanan dari homestay Anda.

Utamakan Pelayanan Terbaik
Hal lain yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan jika ingin berbisnis homestay, yakni mengutamakan pelayanan pelanggan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu bersikap ramah saat melayani pengunjung. Usahakan juga untuk selalu cepat tanggap jika pengunjung mengalami kendala selama menginap di homestay. Intinya, berikanlah pengalaman dan kesan yang positif agar mereka merasa puas saat menghabiskan waktu di homestay milik Anda.



Memuat...